Friday, October 7, 2011

Universitas Gunadarma



Didirikan
7 Agustus 1981
Jenis
Perguruan Tinggi Swasta
Motto
Coloring the Global Future
Rektor
Prof. Dr. E.S. Margianti, S.E. M.M.
Kampus
  • Kampus A, Jl. Kenari III No. 33 Jakarta Pusat
  • Kampus B, Jl. Salemba Bluntas Jakarta Pusat
  • Kampus C, Jl. Salemba Raya No. 53 Jakarta Pusat
  • Kampus D, Jl. Margonda Raya 100 - Depok
  • Kampus E, Jl. Akses Kelapa Dua Cimanggis
  • Kampus G, Jl. Akses Kelapa Dua Cimanggis
  • Kampus H, Jl. Akses Kelapa Dua Cimanggis
  • Kampus J, Jl. KH. Noer Ali Kalimalang Bekasi
Lokasi
Depok, Jawa Barat, Indonesia
Telepon
+62-21-78881112
Situs
Student Locker
BAAK
Student Facilities

Visi , Misi dan Tujuan Universitas Gunadarma


Visi
Menjadi Universitas berbasis Teknologi Informasi yang terkemuka di Indonesia.


Misi
Memberi kontrubusi dalam pembangunan ekonomi yang berkesinambungan dan meningkatkan kemakmuran masyarakat, menyumbang pendidikan yang bermutu tinggi pada masyarakat sebagai sarana untuk mnenghasilkan lulusan yang berkualitas,profesional,kompeten dan sesuai dengan kebutuhan bangsa untuk saat ini dan yang akan datang,memainkan peranan penting dalam ilmu yang berbasis teknologi informasi dan pengembangan teknologi, memenuhi ebutuhan masyarakat melalui pengenalan, pengalihan dan penyebaran ilmu pengetahuan yang relevan untuk mencapai kualitas standar nasional dan internasional perguruan tinggi dengan berfokus pada integrasi Teknologi Informasi dalam setiap aspek kehidupan manusia.



Tujuan 
Menjadikan Program Studi yang ada sebagai Program Pendidikan Unggulan masa depan yang berbasiskan Teknologi Informasi dan mampu menghasilkas kualitas sumber daya manusia yang relevan dengan tuntunan kebutuhan pembangunan Bangsa dan Negara.



Arti dan Lambang Universitas Gunadarma



  • Tangkai Obor Berdiri Tegak  melambangkan keteguhan hati untuk menyumbangkan dharma bakti kepada Nusa dan Bangsa.
  • Cawan Obor yang Melebar dan Cekung adalah wadah dari ilmu pengetahuan yang luas dan mendalam.
  • Kobaran Api yang Kuning Keemasan menunjukan semangat juang yang tak pernah padam dalam menuntut ilmu dan menyumbangkan kepada masyarakat.
  • Bentuk Lingkaran yang Berwarna Ungu adalah suatu bentuk geometris yang memberi ciri pada ilmu pengetahuan yang ditekuni dan dikembangkan.
  • Bingkai Segi Lima menyatakan bahwa Universitas Gunadarma berazaskan Pancasila


Sejarah Universitas Gunadarma

Pada 7 Agustus 1981 berdiri Program Pendidikan Ilmu Komputer (PPIK) di Jakarta yang tiga tahun kemudian berubah menjadi Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer (STMIK) Gunadarma. Enam tahun kemudian, tepatnya pada 13 Januari 1990, berdiri Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Gunadarma (STIE Gunadarma). Pada tahun 1993, STMIK dan STIE membuka Program Magister dengan konsentrasi Manajemen Sistem Informasi untuk STMIK serta Magister Manajemen untuk STIE. Selanjutnya, melalui S.K. Dirjen DIKTI No.92/Kep/Dikti/1996 tertanggal 3 April 1996, STMIK dan STIE Gunadarma melebur menjadi UNIVERSITAS GUNADARMA bersama dengan empat fakultas baru yaitu Fakultas Teknologi Industri, Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Psikologi, dan Fakultas Sastra. Membuka milenium baru, Universitas Gunadarma membuka Program Doktor Ilmu Ekonomi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 55/DIKTI/2000 yang diikuti dengan pembukaan Program Doktor Teknologi Informasi berdasarkan ijin Dirjen Dikti Departemen Pendidikan Republik Indonesia No. 3716/P/T/2002.
Setelah melalui perjuangan panjang dalam menghadapi berbagai tantangan, Universitas Gunadama telah menjelma menjadi salah satu perguruan tinggi swasta yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi terkemuka di Indonesia. Pengalaman selama 25 tahun yang diiringi pengabdian dan dedikasi tenaga pengajar; komitmen yayasan dan pimpinan; pengadaan fasilitas pembelajaran serta kepercayaan masyarakat, Universitas Gunadarma terus berupaya menghasilkan lulusan yang berguna dan bisa mendarmabaktikan kompetensinya demi membangun masa depan bangsa yang lebih baik.
Sarana dan Prasana Kampus
Perpustakaan
Universitas Gunadarma menyediakan Perpustakaan yang dilengkapi dengan beragam bahan pustaka yang terdiri dari buku literatur baik dalam bahasa Indonesia maupun dalam bahasa Inggris, majalah, jurnal ilmiah serta buku ilmu pengetahuan lainnya. Fasilitas Perpustakaan Universitas Gunadarma telah digunakan oleh mahasiswa,dosen,karyawan dan alumni Universitas Gunadarma
Perpustakaan Audio Visual
Perpustakaan Audio Visual Universitas Gunadarma merupakan salah satu bagian dari perpustakaan Universitas Gunadarma. Di perpustakaan ini khusus mengkoleksi bahan pustaka non buku, yaitu berupa Video kaset, Audio, dan bahan pustaka berbentuk non buku lainnya.pada dasarnya perpustakaan ini nantinya akan menjadi pusat media Universitas Gunadarma.
Internet Lounge
    Internet Lounge adalah ruang yang dapat digunakan oleh mahasiswa untuk akses internet secara gratis. Fasilitas ini terdapat di kampus D, kampus E dan kampus J. Fasilitas ini dapat digunakan mahasiswa dengan menunjukkan Kartu Mahasiswa dan sebelumnya mahasiswa tersebut sudah mengaktifkan studentsite (http:/studentsite.gunadarma.ac.id). tiap lounge berisi 20 terminal dan pemakaiannya dibatasi maksimal 20 menit untuk tiap user.
    Aula dan Auditorium
    Aula dan Auditorium yang dimiliki Universitas Gunadarma terletak di kampus D di gedung 3 lantai 4. Sedangkan Auditorium terletak di gedung 4 lantai 6, yang lebih sering digunakan sebagai tempat seminaryang mampu menampung sampai 350 orang. Ruang ini dilengkapi dengan fasilitas audio (sound system).
    Lapangan Olahraga
    Universitas Gunadarma juga mempunyai sarana yang dapat digunakan untuk kegiatan ekstrakurikuler yaitu lapangan olah raga. Lapangan volley terletak di kampus H Kelapa dua. Lapangan basket terdapat di kampus H dan kampus J Kalimalang. Selain itu di kampus E Kelapa Dua terdapat dinding yang dapat digunakan untuk kegiatan panjat tebing sedangkan olah Raga bela diri biasanya dilakukan di tempat parkir.
    Masjid/Mushola

    Universitas Gunadarma memiliki 2 buah masjid yang cukup besar yaiitu Mesjid “Nurul Ilmi” yang berlokasi di kampus depok (margonda) dan mesjid “Darul Ilmi” yang terletak dikampus E (Kelapa Dua). Mesjid ini juga digunakan sebagai tempat kegiatan atau pertemuan kerohanian mahasiswa dan dosen.




    Sumber :


    Sumber Gambar :

    No comments:

    Post a Comment