Thursday, December 29, 2011

Manusia dan Harapan

Harapan


Setiap manusia memilik harapan yang bergantung pada pengetahuan, pengalaman, lingkungan hidup dan kemampuan tiap individu. Berhasil atau tidaknya harapan tergantung pada usaha orang yang mempunyai harapan tersebut, yang didasarkan pada kepercayaan diri sendiri dan kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa. Bila dibandingkan dengan cita-cita, maka harapan mengandung pengertian tidak terlalu muluk, sedangkan cita-cita perlu setinggi bintang. Persamaan antara keduanya yaitu menyangkut masa depan yang belum terwujud.

Ada dua hal yang mendorong manusia hidup dalam pergaulan manusia lain yaitu dorongan kodrat dan dorongan kebutuhan hidup. Oleh karena itu, menurut Maslow, manusia mempunyai harapan. Sesuai dengan kodratnya, manusia mempunyai kebutuhan yaitu kelangsungan hidup, keamanan, hak dan kewajiban dicintai maupun mencintai, diakui lingkungan, serta perwujudan cita-cita.

Kepercayaan


Berasal dari kata percaya, yaitu mengakui atau meyakini akan suatu kebenaran. Kebenaran merupakan fokus dari segala pikiran, sikap dan perasaan untuk mengontrol manusia agar tidak menyimpang.

Dr. Yuyun Suriasumantri dalam bukunya tentang filsafat, mengemukakan teori tentang kebenaran, yaitu :
  • Teori koherensi
Suatu pernyataan yang dianggap benar bila pernyataan itu bersifat koheren atau konsisten dengan pernyatan-pernyataan sebelumnya yang dianggap benar. Misalnya setiap yang bernyawa akan mati.
  • Teori korespondensi
Teori yang menyatakan bahwa suatu pernyataan benar bila materi pengetahuan yang dikandung pernyataan itu berkorespondensi dengan objek yang dituju oleh pernyataan tersebut.
  • Teori pragmatis
Kebenaran suatu pernyataan diukur dengan kriteria apakah pernyataan itu bersifal fungsional dalam kehidupan praktis.

Dasar kepercayaan adalah kebenaran dan sumber kebenaran tersebut adalah manusia. Kepercayaan terbagi menjadi :
  1. Kepercayaan terhadap diri sendiri 
  2. Kepercayaan terhadap orang lain 
  3. Kepercayaan terhadap pemerintah 
  4. Kepercayaan terhadap Tuhan
Sumber :
e-book MKDU Ilmu Budaya Dasar Universitas Gunadarma

Sumber gambar :

No comments:

Post a Comment