Thursday, December 29, 2011

Pokoknya NIAT !!



Dari Amīr al-Mu’minīn, Abū Hafsh ‘Umar bin al-Khaththāb, dia menjelaskan bahwa dia mendengar Rasulullah bersabda:
“Sesungguhnya setiap amal perbuatan tergantung pada niatnya. Dan sesungguhnya setiap orang (akan dibalas) sesuai dengan niatnya. Barangsiapa yang hijrahnya karena Allah dan Rasul-Nya, maka hijrahnya kepada Allah dan Rasul-Nya. Dan barangsiapa yang hijrahnya karena urusan dunia yang ingin digapainya atau karena seorang wanita yang ingin dinikahinya, maka hijrahnya sesuai dengan apa yang diniatkannya tersebut”
(HR. al-Bukhāriy dan Muslim)
Faedah Hadits:
  • Tidak akan pernah ada amal perbuatan kecuali disertai dengan niat.
  • Amal perbuatan tergantung niatnya.
  • Pahala seseorang yang mengerjakan suatu amal perbuatan sesuai dengan niatnya.
  • Seorang ‘alim (guru, ustadz atau pendidik) diperbolehkan memberikan contoh dalam menerangkan dan menjelaskan.
  • Keutamaan hijrah, karena Rasulullah saw menjadikannya sebagai contoh permisalan. Dalam Shahih Muslim (No. 192), dari ‘Amr bin al-‘Ash, bahwa Rasulullah saw bersabda:, "Seseorang akan mendapatkan pahala kebaikan, atau dosa, atau terjerumus dalam perbuatan haram dikarenakan niatnya."
  • Suatu amal perbuatan tergantung wasilahnya. Maka sesuatu yang mubah dapat menjadi suatu bentuk ketaatan dikarenakan niat seseorang ketika mengerjakannya adalah untuk memperoleh kebaikan, seperti ketika makan dan minum, apabila diniatkan untuk menyemangatkan diri dalam ketaatan.
  •  Suatu amal perbuatan dapat menjadi kebaikan yang berpahala bagi seseorang, namun dapat pula menjadi dosa yang diharamkan bagi seseorang yang lain, adalah sesuai dengan niatnya.
  
·٠•●♥ Ƹ̵̡Ӝ̵̨̄Ʒ. ˙·٠•●♥ Ƹ̵̡Ӝ̵̨̄Ʒ. ˙·٠•●♥ Ƹ̵̡Ӝ̵̨̄Ʒ. ˙·٠•●♥ Ƹ̵̡Ӝ̵̨̄Ʒ. ˙·٠•●♥ Ƹ̵̡Ӝ̵̨̄Ʒ. ˙·٠•●♥ Ƹ̵̡Ӝ̵̨̄Ʒ. ˙·٠•●♥ Ƹ̵̡Ӝ̵̨̄Ʒ.

Malam ini saat membuka buku catatan, tertulis hadits tersebut di halaman depan, tepat berada di tengah-tengah halaman. Sejenak saya terdiam, memikirkan apa yang sudah saya perbuat selama ini. Apakah memang apa yang saya lakukan itu sudah diniatkan? Diniatkan untuk apa? Dan untuk siapa? Saya tergelitik untuk mengingat masa lalu yang membuat saya mendapatkan banyak pelajaran hanya dari satu hadits ini.

Ya, terkadang kita meniatkan sesuatu hanya saat kita melaksanakan ibadah rutin, misalnya shalat atau puasa, benar?! Padahal selama ini kita tidak menyadari bahwa apapun yang kita lakukan sebenarnya dapat menjadi suatu ladang ibadah juga untuk diri kita. Diri yang lalai akibat pergaulan yang menghebohkan di masa kini membuat saya - mungkin juga anda - lupa atas makna sebenarnya dari niat itu.

Salah satu yang saya ingat saat seorang guru pernah berkata, hal terkecil yang kita lakukan, misalnya saat perjalanan pergi ke sekolah yang diniatkan untuk mencari ilmu yang diridhai Allah sebenarnya sudah menambah pundi-pundi amal kebaikan kita. Memang kedengarannya aneh, bagaimana mungkin kita yang berjalan kaki saja sudah dihitung pahala? Itulah kuasa-Nya, dengan perhitungan yang sangat detil. Menakjubkan bukan?!

Contoh yang lain, misalnya saat seseorang memerlukan bantuan kita. Terkadang kita membantunya hanya untuk meringankan bebannya, entah setelah itu dia berterimakasih atau tidak pun kita tetap acuh tak acuh. Yang penting tugas saya selesai, itulah pikir kita. Padahal jika sedari awal kita memang sudah meniatkan untuk membantunya dengan ikhlas karena Allah dan meringankan bebannya, itu malah menjadi bonus untuk kita.

Oh iya, ada juga seorang teman yang pernah bertanya dalam suatu forum diskusi di kelas, bagaimana jika seseorang ingin membantu orang lain atau mengerjakan ibadah, namun terbersit niat untuk riya' (Sombong)

Saat itu guru saya hanya berkata,
"Apapun yang kalian kerjakan pastinya akan mendapatkan halangan dari setan, salah satunya terbersit untuk riya'. Lalu, apakah karena niat itu lantas kita membatalkan perbuatan yang akan kita lakukan? Tidak! Justru itulah upaya setan untuk membatalkan perbuatan baik kita".

Teman saya pun melanjutkan pertanyaannya, apa yang seharusnya kita lakukan? Karena menurutnya percuma saja jika kita melaksanakan suatu perbuatan baik namun berakhir dengan riya' yang sia-sia.

Guru saya pun menjawab kembali,
"Apakah kalian lupa bahwa Allah Maha Mengetahui apa-apa yang  ada dalam hati para hamba-Nya? Kerjakanlah apa yang menurut kalian itu baik dan sesuai dengan syariat Islam. Urusan riya' lah, pahala lah atau dosa sekalipun, hanya Allah yang berhak menentukan, dan kita yang hanya menjalankan dengan berharap keridhaan-Nya. Niat itu nantinya akan bisa berubah menjadi suatu keikhlasan jika kita terus mengerjakan kebaikan sambil mencoba berusaha mengikhlaskannya."
Ya, niat yang kita anggap sepele pun ternyata dapat membawa dampak yang besar untuk kita menjadi pribadi yang gemar mengerjakan amal kebaikan.Jadi, Luruskan NIAT !

Referensi :
http://eko-agus.abatasa.com/post/detail/3969/hadits-niat 
Sumber Gambar :
http://www.google.co.id/imgres?q=niat&um=1&hl=id&client=firefox-a&sa=N&rls=org.mozilla:en-US:official&biw=1280&bih=681&tbm=isch&tbnid=mEqudmFpn6zJ-M:&imgrefurl=http://penacantik.blogspot.com/2011/07/niat-yang-ternoda.html&docid=OVTqemvcTr33TM&imgurl=https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhNJjdpFr92I-1wM97vPffJuHI17dSqUTrp0ar2gAP4P9FVcJgrnVYh_yGawhaD-cLjRJAFv08PEPxvM1HzF494X46p2r_unMGRPHbVcSPafCAWkzjSVZZT07txX8Wy_F0V7keGJiZbloI_/s1600/niat.png&w=450&h=500&ei=tZ38Tu2ROtHOrQe5p_ToDw&zoom=1
http://www.google.co.id/imgres?q=niat&um=1&hl=id&client=firefox-a&sa=N&rls=org.mozilla:en-US:official&biw=1280&bih=681&tbm=isch&tbnid=mWMmNNasMQ9Z9M:&imgrefurl=http://dita-kinako.blogspot.com/2011_01_01_archive.html&docid=4tZVfQ05P--EfM&imgurl=https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiYG_tTG92gx3vQiG_i3wZ3WpHfTSF7TjSzBrGbMDa5mpO3n35aH9myqi9FdyVdPpd2IdjZzqoHiXDVABTmCNHNDj7ytvN6rRXP5liL1sqwZXz6hujGfM3g3eP2-9_-MQLylS2wkBeqM1E/s1600/niat.jpg&w=461&h=602&ei=tZ38Tu2ROtHOrQe5p_ToDw&zoom=1
http://www.google.co.id/imgres?q=niat&um=1&hl=id&client=firefox-a&sa=N&rls=org.mozilla:en-US:official&biw=1280&bih=681&tbm=isch&tbnid=q8l7xaldmwfjVM:&imgrefurl=http://shonave.wordpress.com/2010/08/22/niat/&docid=ejBdvJMxyz5-gM&imgurl=http://shonave.files.wordpress.com/2010/08/niat.jpg&w=440&h=421&ei=tZ38Tu2ROtHOrQe5p_ToDw&zoom=1

No comments:

Post a Comment