Monday, November 7, 2011

Manusia dan Tanggung Jawab

Definisi Tanggung Jawab


                Tanggung jawab adalah keadaan wajib menanggung segalanya sesuatunya, sehingga bertanggungjawab adalah kewajiban menanggung, memikul jawab, menanggung segala seuatunya, atau memberikan jawaban dan menanggung akibatnya. Tanggung jawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab merupakan perwujudan kesadaran akan kewajibannya.  Timbulnya tanggung jawab disebabkan manusia hidup bermasyarakat dan hidup dalam lingkungan alam, yang bersifat kodrati yaitu sudah menjadi bagian kehidupan manusia, bahwa setiap manusia pasti dibebani dengan tanggung jawab.


                Tanggung jawab dapat dilihat dari dua sisi, yaitu dari sisi pihak yang berbuat dan dari sisi kepentingan pihak lain. Dari sisi pembuat, ia harus menyadari akibat perbuatannya itu, dengan demikian ia sendiri pula yang harus memulihkan ke dalam keadaan yang baik. Dari sisi pihak lain, apabila si pembuat tidak mau bertanggungjawab, pihak lain yang akan memulihkan, baik dengan cara individual maupun dengan cara masyarakat.

                Tanggung jawab adalah kewajiban atau beban yang harus dipikul atau dipenuhi sebagai akibat dari perbuatan pihak yang berbuat, atau sebagai akibat dari perbuatan pihak lain. Kewajiban itu ditujukan untuk kebaikan pihak yang berbuat sendiri atau pihak lain dengan keseimbangan, keserasian keselarasan antara sesama manusia, antara manusia dan lingkungan, anatara manusia dan Tuhan selalu dipelihara dengan baik.

Macam-macam Tanggung Jawab
  • Tanggung jawab terhadap diri sendiri. Misalnya menjaga diri dari pergaulan bebas yang membahayakan diri sendiri.
Diskotik, pergaulan bebas yang rentan bahaya
  • Tanggung jawab terhadap keluarga. Misalnya menafkahi keluarga.
Bersama memikul tanggung jawab.
  • Tanggung jawab terhadap masyarakat. Misalnya tanggung jawab polisi untuk menjaga keamanan masyarakat dari para penjahat.
Tak kenal lelah memberantas kejahatan.
  • Tanggung jawab terhadap bangsa dan negara. Misalnya tanggung jawab para wakil rakyat di DPR kepada kemajuan bagsa dan negara.
Beratnya beban yang harus dipikul.
  • Tanggung jawab terhadap Tuhan. Misalnya intensitas kita beribadah kepada-Nya.


Pengabdian dan Pengorbanan

Wujud tanggung jawab juga berupa pengabdian dan pengorbanan, yaitu perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri. Pengabdian merupakan perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat atau tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta kasih sayang, norma atau satu ikatan dari semua itu dilakukan dengan ikhlas. Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang brarti persembahan, sehingga pengorbanan merupakan pemberian untuk menayatakan kebaktian yang bersifat ikhlas tanpa pamrih. Tiap pengabdian, ada pengorbanan. Oleh karena itu tidak ada perbedaan yang berarti diantara keduanya. Namun, dalam pengabdian selalu dituntut pengorbanan, tetapi pengorbanan belum tentu menuntut pengabdian.   


Sumber :
e-book MKDU Ilmu Budaya Dasar Universitas Gunadarma.

Sumber Gambar :

No comments:

Post a Comment